‎Pretensi adalah tindakan berpura-pura atau alasan yang dibuat-buat setiap orang untuk mencapai keinginannya atau tujuannya.

Setiap orang (Tidak Terkecuali) pasti pernah melakukan pretensi untuk keuntungan diri sendiri, kejahatan dan bahkan mungkin untuk kebaikan, tapi sangat jarang sekali pretensi dipakai untuk berbuat kebaikan, karena pada dasarnya pretensi bersifat negatif.

Berikut pretensi yang sering ditemui setiap orang dalam kehidupan sehari-hari (Kecuali Menonton Drama Televisi):

  • Di lingkungan pendidikan terdapat pelajar, inilah yang kerap sekali melakukan pretensi, dari datang terlambat, tidak masuk, sampai izin ke toilet ketika jam pelajaran berlangsung.
  • Di tempat umum, ‎jika pretensi dilakukan di tempat umum, sebagian besar untuk mencari nafkah (tidak peduli halal atau haram), seperti pria yang menyamar jadi wanita kemudian joget-joget sambil nyanyi, dan bahkan menyamar menjadi penyalur sumbangan hanya bermodal pakaian rapih dan membawa lebaran kertas.
  • Percintaan, disinilah setiap orang berlomba-lomba melakukan pretensi. Cinta yang normal setiap orang pada umumnya, akan melakukan pretensi seperti; Sakit (Secara Tidak Langsung) dan berlagak seperti orang kaya (Jika Miskin). Dan semua itu hanya dilakukan dihadapan orang yang dicintainya baik secara langsung ataupun tidak langsung.‎
Itulah pemahaman dari Pretensi dan hanya beberapa contoh dari berbagai pretensi yang sangat mungkin bisa dilakukan pada setiap orang dalam kehidupan sehari-hari.